1/07/2018

kuliah dan beasiswa (part I)

Teman-teman sedang kuliah? Atau akan kuliah?

Based on my experience nih, mahasiswa banyak banget yang aktif cari beasiswa sana-sini buat bantu biaya kuliahnya (aku termasuk kedalam golongan mahasiswa tersebut haha).
Kenapa coba? Soalnya aku pribadi sih merasa biaya UKT yang harus dibayar tiap semesternya bukanlah jumlah yang sedikit. Apalagi ditambah harus beli buku, biaya hidup (apalagi yang merantau), uang jajan, transport, belum lagi kalau ikut kegiatan kampus siap-siap aja uang tabungan bakal kepake.
Itu semua kalau dijumlahkan, hitung aja 8 semester/ 4 tahun kuliah normal S1. Bisa habis tuh sampe 8 digit nolnya.
That’s so amazing, right? Bayangin aja keren banget kan orang tua kita ngeluarin uang segitu gedenya buat sekolah kita? Itu baru kuliah S1 loh, selama SD SMP SMA gimana? 👀

Menurutku kebangetan sih kalau sampai kuliahmu ga bener, ya kan? ✌ hehe

Sebenernya aku mau sharing aja sih, karena aku anak pertama dan punya satu orang adik yang umurnya cuman beda 3 tahun. Otomatis ada irisan waktu dimana aku dan dia bareng dimasa kuliah. Kebayang tuh ortuku double gitu bayar UKTnya. Disitu aku mikir. Gimana caranya biar aku ga jadi beban banget, dan ga ngabisin uang ortu buat kuliahku doang, karena aku tau adikku bentar lagi kuliah juga.

Teman-teman pernah denger Beasiswa PPA? Itu beasiswa yang seleksinya dilakukan oleh kampus. Oke semua orang tau, tapi aku tidak. Ya aku ga tau kapan pendaftarannya, tiba-tiba slot penuh. Hahaha. Merasa kecolongan sih, nyesel ga pernah nyari info ke jurusan, tapi coba ikhlas aja mungkin belum rezeki, gitu pikirku.

Setelah itu, dapet info dari salah satu grup Line, katanya ada beasiswa khusus buat perempuan, semester 3 dari yayasan gitu namanya Sheloud (kalau gak salah). Aku keep lah itu infonya, sampe aku buru-buru bayar UKT semester 3 karena disitu salah satu syaratnya melampirkan bukti pembayaran UKT. Semangat banget tuh aku daftar beasiswa Sheloud ini. Tapi sayang banget sampai batas akhir pengumuman gak ada kabar sama sekali. Bahkan ternyata aku cari websitenya pun gak ada. Hm sepertinya aku tertipu. 😒

Buat temen-temen hati-hati nih kalau dapet info beasiswa atau apapun di cek dulu website resminya ada atau engga. Karena ternyata aku jadi korban berita HOAX nih. Untung sih ga ngeluarin biaya apa-apa, cuman berkas2 penting yang kita kirim ke sana itu yang takutnya disalahgunakan. So kita harus verifikasi dulu segala info yang kita dapet. Jangan asal share dan asal join aja. Hihi.

Masih semangat nih nyari beasiswa. Ada kabar dari sepupuku. Dia dapet info dari grupnya.
Ada beasiswa dari Kemendikbud RI, Beasiswa Unggulan, ga perlu pakai SKTM. (Kebanyakan beasiswa salah satu syaratnya melampirkan SKTM, Surat Keterangan Tidak Mampu, yang tentu saja dengan bapakku yang seorang guru, aku gak bakal dapet surat ini dari Pak RT).

To be continued…


Regards,
ordinary student.

No comments:

Post a Comment

saf13. Powered by Blogger.